puisi

Hai, teman-teman….
Ada kabar baik dari National Geographic Indonesia (NGI), siapa saja yang merasa pembaca NGI dipersilahkan ikut lomba National Geographic International Photography Contest 2008. Pemenang tingkat Indonesia karyanya akan diikutsertakan dalam kompetisi internasional. Biar menarik, aku sebutin hadiahnya dulu:
Juara Satu : uang tunai enam jeti rupiah plus jalan-jalan Bali-Lombok PP naik kapal pinisi dan karyanya ikut kompetisi internasional bareng wakil dari 30 negara lainnya.
Juara Dua : uang tunai empat jeti rupiah.
Juara Tiga : uang tunai dua jeti rupiah.

Kategori kontes : ALAM, MANUSIA, dan TEMPAT. Peserta hanya boleh mengirim maksimal tiga foto tiap kategori.
Media: Cetak berwarna atau hitam putih. Transparansi warna 35mm, kirim beserta hasil cetakan. Transparansi asli dan negative mesti tersedia agar foto pemenang bisa dipublikasikan. Karya dengan kamdig (kamera digital) diperbolehkan minimal 3.2megapixel. Tidak diperkenankan mengirimkan gambar berupa kombinasi lebih dari satu foto atau menghilangkan elemen-elemen dalam satu foto. Sedikit burning, dodging, dan/atau koreksi warna diperkenakan. Diperbolehkan mengirimkan foto dengan media berbeda-beda. Ukuran foto cetak diperbolehkan hingga 8x10inchi, jika hendak mengirimkan foto cetak pastikan memiliki negatifnya. Foto berbingkai (pigura atau bingkai digital) atau ditempel pada kaca tidak akan diterima.
Dimensi Foto : terpanjang minimum 800pixel maximum 1000pixel dengan format JPEG diperkenakna mengirim dalam bentuk CD/DVD ke alamat NGI. Karya bisa dikirimkan melalui website dan mengisi formulir pendaftaran online di http://fotokita.net. Maksimum file 300kb.
Materi foto : Foto yang dikirimkan tiak boleh berusia lebih dari tiga tahun dan belum pernah dipublikasikan di mana pun.
Batas waktu : 13 Agustus 2008 untuk foto cetak atau format CD/DVD. Pengumuman pemenang pada NGI edisi September 2008. Foto dinilai berdasarkan kreativitas dan kualitas fotografis.
Alamat pengiriman : NGI Gedung Gramedia Majalah lantai enam JL. Panjang 8A Kebonjeruk Jakarta Barat 11530.
Nah yang terpenting, setiap foto cetak tiap kategori harus dilampiri kupon pendaftaran (isinya nama, alamat, telpon, email, judul foto, lokasi pemotretan, waktu, kategori, tandatangan), jadinya harus punya kupon satu lembar tiap foto cetaknya. Kuponnya ada di majalah NGI halaman 127, mesti beli majalahnya kalau mau ikut (bukan mau beriklan) atau awasi majalah NGI di perpustakaan sekolah/kampus/umum lalu ambil kuponnya (ini juga tidak ngajari mencuri, minta izin dulu pastinya kepada petugas jaganya).
Aku juga mau ikutan karena selama ini koleksi foto-foto kami lumayan menarik cuma belum tahu harus ‘dilempar’ ke tempat yang mau menerima. Aku jagoin adikku Cindy yang sedang memperdalam editing fotonya. Hobi jeprat-jepretnya sangat meringankan untuk tugas2 fotografi. Sudahlah, habis membaca ini segeralah berburu ke hutan, sori maksudku hunting obyek menarik di sekeliling anda. Siapa tahu pemenangnya kamu. Merdeka.

0 comments: